Usaha Yang Banyak Menyerap Tenaga Kerja

Mempunyai BisnisUsaha Yang Banyak Menyerap Tenaga Kerja adalah salah satu harapan pemerintah untuk bisa mengurangi pengangguran di Indonesia. Pemerintah bekerja sama bersama banyak pihak untuk memberikan banyak kemudahan bagi masyarakat yang bisa membuka usaha yang banyak menyerap tenaga kerja.


Salah satunya adalah Bank yang memberikan kemudahan dalam memberikan kredit usaha mikro bagi pelaku usaha di Indonesia. Pemerintah sendiri memang terus menggelontorkan dana besar untuk mempermudah dalam segi pembiayaan untuk memberikan kemudahan usaha. Rencana pemerintah ini memang hanya untuk membuka lapangan pekerjaan.

Perusahaan yang termasuk dalam industri pelayanan di antaranya bergerak di bidang jasa, perhotelan dan pariwisata, perawatan kesehatan dan kecantikan, serta hiburan dan rekreasi.

Bila melihat pada sektor pariwisata saja banyak perusahaan yang bergerak disana, transportasi, perhotelan, kuliner sudah menyerap banyak sekali tenaga kerja. Berikut ini beberapa usaha yang banyak menyerap tenaga kerja.

Usaha Yang Banyak Menyerap Tenaga Kerja

1. Pabrik Rokok

Memang sudah banyak alat canggih dalam pemrosesan rokok mulai dari awal hingga pada tahap pengepakan, akan tetapi pemerintah memberikan persentase batasan penggunaan mesin supaya tetap dapat menyerap banyak tenaga kerja.

Biasanya untuk pabrik rokok kretek membutuhkan banyak sekali tenaga kerja, kita sering tahu bila sudah waktunya jam pulang kerja. Kemacetan akan terlihat disekitar pabrik rokok tersebut.

2. Bisnis Garmen

Jarang terlihat usaha garmen memiliki tempat yang kecil dan mempunyai karyawan yang sedikit, akan tetapi banyak pabrik garmen yang kebanyakan malah besar dan mempunyai banyak sekali karyawan yang bekerja setiap harinya.

Garmen yang dibangun untuk menghasilkan produk massal yaitu misalnya pakaian jadi dengan jumlah yang sangat banyak dengan harga yang lebih murah untuk tetap bisa bersaing dipasaran nantinya.

Produk - produk garmen memang cenderung akan mensuplai beberapa tempat besar seperti mall maupun pasar dengan model maupun bahan yang bervariasi, tuntutan jumlah produk yang banyak membuat garmen akan banyak menyerap tenaga kerja dibandingkan konveksi.

3. Bisnis Pertambangan

Pertambangan yang banyak beroprasi di beberapa daerah di Indonesia baik mulai dari tambang batubara, minyak, emas, perak, nikel semua memang membutuhkan tak hanya 1 ataupun 2 alat sedang maupun berat yang beroprasi tiap harinya, banyak sekali alat yang beroprasi dan kesemuanya memang dijalankan oleh operator - operator dari masing - masing alatnya.

Biasanya tambang akan beroprasi dalam 24 jam dengan beberapa shift pergantian kerja, alat berat yang bekerja siang malam, truk pengangkut yang harus bekerja bergantian membuat bisnis tambang adalah salah satu bisnis yang banyak menyerap tenaga kerja dan kita tahu beberapa tambang terbesar di dunia berlokasi di negara Indonesia.

No comments:

Post a Comment